cover
Contact Name
Baihaqi Siddik Lubis
Contact Email
baihaqisiddik@umsu.ac.id
Phone
+6281375727705
Journal Mail Official
ejoes@umsu.ac.id
Editorial Address
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II, Medan Sumatera Utara-20238
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
EJoES (Educational Journal of Elementary School)
ISSN : -     EISSN : 27454045     DOI : 10.30596
Core Subject : Education, Social,
EJoES (Educational Journal of Elementary School) is an electronic journal that publishes original research papers, review articles by invited experts, and novel technology news related to Elementary School. EJoES has served researchers, teacher educators, and practitioners in the elementary since 2020. EJoEs will be published three times annually, February, June and October (3 issues/year). EJoES publishes peer-reviewed articles that pertain to both education theory and research and their implications for teaching practice. In addition, EJoES presents articles that relate the latest research in the development of curriculum, teaching innovation, child development, cognitive psychology, teaching evaluation, and educational policy.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2022): Educational Journal of Elementary School (EJoES)" : 6 Documents clear
Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Kelas Rendah dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Amin Basri
EJoES (Educational Journal of Elementary School) Vol 3, No 1 (2022): Educational Journal of Elementary School (EJoES)
Publisher : EJoES (Educational Journal of Elementary School)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/ejoes.v3i1.9631

Abstract

Dalam praktik pembelajaran jarak jauh selama masa pandemi, hasil belajar dan Kemampuan menulis siswa mengalami penurunan. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan Kemampuan menulis siswa melalui media gambar. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas rendah yang terdiri dari 25 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan metode yang kemudian dideskripsikan dengan melihat hasil evaluasi dan portofolio yang diberikan Teknik analisis data yang digunakan berupa deskriptif kualitatif. Hasil belajar dan Kemampuan menulis siswa sebelum tindakan menunjukkan ketuntasansebelumnya ialah 36% dan menigkat menjadi 84%.
Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Sadari Ziliwu
EJoES (Educational Journal of Elementary School) Vol 3, No 1 (2022): Educational Journal of Elementary School (EJoES)
Publisher : EJoES (Educational Journal of Elementary School)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/ejoes.v3i1.9858

Abstract

Mata pelajaran matematika memiliki karateristik tersendiri, dimana materinya tidak dapat dikuasai tanpa pemahaman dan penghayatan. Untuk dapat memahami materi yang disampaikan oleh guru, siswa harus memiliki minat dalam setiap pembelajaran. Selama ini, siswa acuh tak acuh terhadap pembelajaran yang disampaikan oleh guru, dikarenakan pembelajaran berlangsung secara konvensional. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti memberikan solusi berupa  pemberian tindakan terhadap proses pembelajaran dalam bentuk penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model pembelajaran Talking Stick. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dimana untuk setiap siklus dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Model pembelajaran Talking Stick adalah suatu model pembelajaran yang mengutamakan adanya kelompok-kelompok dan juga permainan yang mengandalkan tongkat sebagai media belajar. Yang menjadi  tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan Model Pembelajaran Talking Stick dan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Talking Stick dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus s.d September 2021 di Kelas V-A SDN 071014 Dima  dengan jumlah siswa 25 orang, laki-laki 10 orang dan perempuan 15 orang. Adapun hasil dari penelitian ini adalah hasil  belajar siswa pada pelajaran matematika meningkat dengan penerapan model pembelajaran Talking Stick, pada akhir siklus rata-rata hasil belajar siswa 83,76 dengan persentase ketuntasan 92% dan  rata – rata hasil refleksi pelaksanaan proses pembelajaran diakhir siklus mencapai 86,21 % . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di Kelas V-A SDN 071014 Dima  meningkat dengan penerapan model pembelajaran Talking Stick dan Proses pembelajaran matematika di Kelas V-A SDN 071014 Dima  terperbaiki dengan penerapan model pembelajaran Talking Stick
Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Adimin Mendrofa
EJoES (Educational Journal of Elementary School) Vol 3, No 1 (2022): Educational Journal of Elementary School (EJoES)
Publisher : EJoES (Educational Journal of Elementary School)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/ejoes.v3i1.9863

Abstract

Rendahnya nilai siswa pada mata pelajaran PKn disebabkan oleh kurangnya kemampuan guru dalam memilih dan menerapkan model pembelajaran yang bervariasi. Solusi yang diberikan oleh peneliti untuk mengatasi masalah tersebut adalah memberikan tindakan terhadap proses pembelajaran dalam bentuk penelitian tindakan kelas pada mata pelajaran PKn melalui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching Learning dalam proses pembelajaran. model pembelajaran Contextual Teaching Learning adalah suatu model pembelajaran yang dapat memberikan kesempatan untuk siswa mengemukakan  gagasan sendiri dan bersifat nyata . Penelitian ini terdiri dari dua siklus dimana untuk setiap siklus dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn melalui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching Learning dan mendeskripsikan pelaksanaan proses pembelajaran pada mata pelajaran PKn  melalui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching Learning. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret s/d April 2018 di kelas V-A SDN 071014 Dima  dengan jumlah siswa 15 orang, laki-laki 7 orang dan perempuan 8 orang. Hasil dari  penelitian adalah hasil  belajar siswa pada pelajaran PKn melalui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching Learning meningkat, dimana  pada akhir siklus rata-rata hasil belajar siswa 82 dengan persentase ketuntasan 80% dan rata-rata hasil refleksi pada akhir siklus mencapai 82 % tergolong kategori baik, sehingga proses pembelajaran pada mata pelajaran  PKn  terperbaiki melalui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching Learning. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa  hasil  belajar siswa pada pelajaran PKn meningkat  melalui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching Learning dan  Proses pembelajaran pada mata pelajaran  PKn  terperbaiki melalui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching Learning.
Meningkatkan Hasil Belajar PKn Melalui Penerapan Media Chart Yulianus Mendrofa
EJoES (Educational Journal of Elementary School) Vol 3, No 1 (2022): Educational Journal of Elementary School (EJoES)
Publisher : EJoES (Educational Journal of Elementary School)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/ejoes.v3i1.9859

Abstract

Mata pelajaran PKn memiliki karateristik tersendiri, dimana materinya tidak dapat dikuasai tanpa pemahaman dan penghayatan. Untuk dapat memahami materi yang disampaikan oleh guru, siswa harus memiliki minat dalam setiap pembelajaran. Selama ini, siswa acuh tak acuh terhadap pembelajaran yang disampaikan oleh guru, dikarenakan pembelajaran berlangsung secara konvensional. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti memberikan solusi berupa pemberian tindakan terhadap proses pembelajaran dalam bentuk penelitian tindakan kelas dengan menerapkan penggunaan Media Chart. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dimana untuk setiap siklus dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Media Chart merupakan media pembelajaran dalam bentuk media chart akan memudahkan penyampaian pesan yang biasanya dirubah dalam bentuk ringkasan visual suatu proses, perkembangan atau berupa gambar yang dapat memperjelas suatu konsep. Yang menjadi tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan penggunaan Media Chart dan mendeskripsikan penerapan penggunaan Media Chart dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus sd September 2019 di kelas V-A SDN 076672 Hilizia Lawa-lawa  dengan jumlah siswa 20 orang, laki-laki 9 orang dan perempuan 11 orang. Adapun hasil dari penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada pelajaran PKn meningkat dengan penerapan penggunaan Media Chart,pada akhir siklus rata-rata hasil belajar siswa 80,6 dengan persentase ketuntasan 90% dan rata – rata hasil refleksi pelaksanaan proses pembelajaran diakhir siklus mencapai 84% . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas V-A SDN 076672 Hilizia Lawa-lawa  meningkat dengan penerapan penggunaan Media Chart dan Proses pembelajaran PKn di kelas V-A SDN 076672 Hilizia Lawa-lawa  terperbaiki dengan penerapan penggunaan Media Chart.
Meningkatkan Penguasaan Keterampilan Bertanya Melalui Pembinaan Guru Oleh Kepala Sekolah Sefniwan Harefa
EJoES (Educational Journal of Elementary School) Vol 3, No 1 (2022): Educational Journal of Elementary School (EJoES)
Publisher : EJoES (Educational Journal of Elementary School)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/ejoes.v3i1.9861

Abstract

Penelitian tindakan sekolah difokuskan kepada sejumlah guru yang mengajar di SMP Negeri 6 Idanogawo Kabupaten Nias sebagai subjek penelitian berjumlah 9 orang, sebagai perwakilan dari anggota SMP Negeri 6 Idanogawo Kabupaten Nias tersebut. Tujuan penelitian tindakan sekolah ingin meningkatkan kemampuan para guru menggunakan metode tanya jawab dalam pelaksanaan pembelajaran matematika di sekolah. Instrumen penelitian menggunakan observasi, hasil pembinaan bentuk evaluasi tulisan yang dipakai mengukur perubahan kemampuan guru setelah mendapat pembinaan pada siklus I dan II. Setelah dilakukan pembinaan, modeling dari Kepala Sekolah. Simulator sesama guru dapat dilihat kemampuan guru pada siklus I mencapai 76 mendekati rata-rata 80. Untuk perbaikan kemampuan guru pada siklus II dilakukan pembinaan ulang oleh Kepala Sekolah melalui modeling, simulator dan akhir siklus II dilakukan evaluasi tes kemampuan dapat mencapai target keberhasilan 83. Berdasarkan hal ini tindakan pembinaan Kepala Sekolah penguasaan metode tanya jawab pada guru mata pelajaran telah baik
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Pembelajaran Cooperative Scrip Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Amelia Zebua
EJoES (Educational Journal of Elementary School) Vol 3, No 1 (2022): Educational Journal of Elementary School (EJoES)
Publisher : EJoES (Educational Journal of Elementary School)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/ejoes.v3i1.9947

Abstract

Pelajaran Bahasa Indonesia merupakan mata pelajaran yang dapat memberikan pengetahuan penting bagi siswa untuk dapat berkomunikasi dengan lingkungan sekitar. Rendahnya nilai siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia disebabkan oleh kurangnya kemampuan guru dalam memilih dan menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi. Solusi yang diberikan oleh peneliti untuk mengatasi masalah tersebut adalah memberikan tindakan terhadap proses pembelajaran dalam bentuk penelitian tindakan kelas melalui penerapanmetodepembelajaran Cooperative Scrip dalam proses pembelajaran. Metode Pembelajaran Cooperative Scrip adalah metode mengajar dimana siswa bekerja secara berpasangan dan bergantian secara lisan mengikhtisarkan bagian-bagian dari materi yang dipelajari. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dimana untuk setiap siklus dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa Metode Pembelajaran Cooperative Scrip dan Mendeskripsikan pelaksanaan proses pembelajaran melalui Metode pembelajaran cooperative scrip.Penelitian ini dilaksanakan pada Bulan Maret sd April 2019 di kelas V SDN 071045 Sisobahili dengan jumlah siswa 19 orang, laki-laki 7 orang dan perempuan 12 orang. Hasil dari penelitian adalah hasil belajar siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia melalui Metode Pembelajaran Cooperative Scrip meningkat dimana pada akhir siklus rata-rata hasil belajar siswa 80 dengan persentase ketuntasan 84% dan hasil refleksi pelaksanaan proses pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada akhir siklus mencapai 84 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia meningkat melalui Metode Pembelajaran Cooperative Scrip dan Proses pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia terperbaiki melalui Metode Pembelajaran Cooperative Scrip

Page 1 of 1 | Total Record : 6